Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Data New DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) / Data Kemiskinan Kementerian Sosial Terbaru 2022

Laman Cek DTKS Kemensos

Sejak diangkat sebagai Menteri Sosial pada bulan Desember 2020, Tri Rismaharini atau biasa dipanggil bu Risma memberi perhatian khusus pada perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal ini beliau lakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan perbaikan sistem yang ada, menerbitkan kebijakan-kebijakan pendukung serta bekerjasama dengan lembaga lain seperti Kementerian Dalam Negeri dan Perguruan Tinggi. Kami bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, untuk memastikan seluruh data padan dengan Nomer Induk Kependudukan yang tertera dalam data kependudukan," ungkap Risma.

Tujuan dari perbaikan data ini dalam rangka memperbaiki integritas DTKS guna memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal dan Nomer Induk Kependudukan (NIK) yang padan dengan data kependudukan yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri up. Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Dalam proses perbaikan data, Kementerian Sosial berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mengecek DTKS eksisting, melakukan Updating DTKS di wilayah masing-masing serta memeriksa dan memperbaiki data NIK penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako (BPNT), program Bantuan Sosial Tunai (BST) atapun Program Kartu Indonesia Sehat (KIS PBI).

Hasil perbaikan data yang sudah dilakukan dari bulan Januari 2021 sampai dengan Oktober 2021 akan ditetapkan menjadi New DTKS. Ke depan, penetapan NEW DTKS sekurangnya setiap bulan guna memastikan integritasnya terus ditingkatkan sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat.

Untuk memenuhi hak informasi publik, masyarakat dapat secara mandiri memantau sudah masuk atau tidaknya dalam NEW DTKS melalui aplikasi berbasis web di  http://cekbansos.kemensos.go.id 

Lengkapi isian :

  • Provinsi
  • Kabupaten / Kota
  • Kecamatan
  • Desa / Kelurahan
  • Nama
  • Lalu ketika kode chapta

Hasil Pencarian di Laman Cek Bansos

Apabila muncul datanya dengan identitas yang identik dengan data anda, seperti usia. Maka anda terdaftar dalam DTKS. Ada beberapa kolom tambahan yang tertera dalam hasil pencarian tersebut, seperti kolom PKH, BPNT, BST dan PBI (KIS), kolom ini sebagai informasi bantuan yang telah diterima oleh seseorang.


Posting Komentar untuk "Cara Cek Data New DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) / Data Kemiskinan Kementerian Sosial Terbaru 2022"