Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengen Ngecek Dapat Atau Tidaknya Bantuan Sosial Dari Kemensos, Begini Caranya!!!

cnbcindonesia.com

Kementerian Sosial adalah salah satu lembaga negara yang ditugaskan untuk menangani berbagai macam masalah sosial di negeri ini. Masalah sosial itu banyak dan kompleks. Dengan jumlah penduduk yang besar, dari berbagai macam suku agama ras, tingkat ekonomi yang berbeda yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menambahkan makin kompleksnya masalah sosial di negeri ini.

Dalam artikel kali ini, saya akan membahas bantuan sosial untuk warga miskin. Sesuai amanat UUD 1945 pasal 34 Fakir Miskin dan Anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara. Ini menjadi tugas pemerintah untuk memberi mereka bantuan agar tetap bisa melangsungkan kehidupannya. 

Saat ini ada 2 program unggulan dari Kementerian Sosial untuk warga miskin, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)  atau namanya sekarang Bantuan Sembako. Sasaran dari penerima program ini adalah warga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Akan tetapi tidak semua warga miskin yang masuk dalam DTKS serta merta akan mendapatkan bantuan, karena secara sistem akan melihat desil atau peringkat kemiksinan serta juga mempertimbangkan anggaran (APBN) yang ada.

Bagi kalian yang ingin memastikan atau sekedar mengecek dapat atau tidaknya bantuan, kalian dapat melakukannnya sendiri melalui situs https://cekbansos.kemensos.go.id/. Selanjutnya, pilih Provinsi - Kabupaten / Kota - Kecamatan - Desa / Kelurahan lalu Masukkan identitas sesuai kolomnya.

Jika kalian tidak tercatat sebagai penerima bantuan, tidak perlu menyalahkan siapa-siapa. Cukup positif thingking saja, karena mungkin kalian tidak termasuk orang miskin. Karena hakikat orang hidup adalah bekerja untuk kelangsungan hidup, bukan berpangku tangan mengharap bantuan dan belas kasihan. 

Posting Komentar untuk "Pengen Ngecek Dapat Atau Tidaknya Bantuan Sosial Dari Kemensos, Begini Caranya!!!"