Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Tujuan Wisata Yang Harus Kamu Kunjungi di Kabupaten Pati Jawa Tengah, Ada Banyak Lho!!!

Alun-alun Pati

Menghabiskan waktu akhir pekan atau mengisi liburan, tentu saja akan lebih mengesankan apabila dihabiskan dengan mengunjungi tempat wisata. Hal ini bisa kalian lakukan bersama keluarga, gebetan ataupun teman. Menghabiskan waktu liburan ke tempat wisata seakan sekarang menjadi sebuah kebutuhan untuk menyegarkan pikiran, sehat jasmani dan rohani. Kalau bahasa jawanya orang sekarang, "Kapan kowe piknik?"hehe.

Ngomong-ngomong karena saya orang Pati, saya akan menulis beberapa tempat tujuan wisata yang ada di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Ada macam-macam jenis tempat wisata di Pati, diantaranya : wisata sejarah, wisata religi, wisata alam, dan wisata buatan. Berwisata di Pati tidak mahal lho, dan dipastikan tidak ada yang NGGEPOK REGO, kalaupun misal ada yang berani begitu, tinggal video lalu VIRALKAN saja.

Beberapa tempat wisata di Kabupaten Pati yang wajib kamu kunjungi :

Makam Syekh Jangkung (Saridin)
Lokasi : Desa Kayen, Kec. Kayen, Kab. Pati

Makam Syekh Jangkung berada di Desa Landoh, Kecamatan Kayen. Hampir setiap hari, makam ini didatangi oleh para pengunjung yang hendak berziarah dan mendoakan tokoh spiritual yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di Kabupaten Pati.

Syekh Jangkung memiliki nama asli Saridin atau juga dikenal sebagai Kyai Landoh ini hidup di abad ke-16 dan menjadi orang yang sangat dihormati oleh masyarakat karena dianugerahi Allah ilmu kebatinan yang luar biasa.

Menurut salah satu sumber ada yang mengatakan beliau merupakan salah satu Putra dari Sunan Muria. Beliau juga pernah berguru kepada Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga. Para peziarah yang datang umumnya selain mendoakan Syach Jangkung, mereka juga ngalap berkah atau mengharapkan sebuah berkah.

Makam Syekh Ahmad Mutamakkin
Lokasi : Desa Kajen, Kec. Margoyoso, Kab. Pati

Syekh Mutamakkin dikenal sebagai Mbah Mbolek. Gelar tersebut di ambil dari nama desa kelahirannya. Sedangkan kata al-Mutamakkin diambil dari proses rihlah ilmiahnya di Timur Tengah yang memiliki arti orang yang meneguhkan hati atau orang yang diyakini kesuciannya. Sedangkan nama ningrat Syekh Mutamakkin adalah Sumohadiwijaya.

Makam Syekh Mutamakkin di Kajen Kec. Margoyoso Kab. Pati merupakan tempat wisata yang harus kalian kunjungi karena penduduk sekitar makam sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Saat ini, banyak peziarah datang untuk mendoakan seorang ulama yang berperan besar dalam menyebarkan agama Islam di kawasan Pati bagian utara ini, yakni Kecamatan Margoyoso. Karena jasa beliau lah, Kajen menjadi kawasan seribu santri yang menjadi pusat belajar agama dan menumbuhkan ekonomi di daerah tersebut.

Bukit Pandang Duren Sawit Kayen
Lokasi : Desa Durensawit, Kec. Kayen, Kab. Pati

Bukit Pandang berada di lereng pegunungan Kendeng atau Pati bagian selatan. Wisata bukit satu ini menghadirkan pesona alam yang begitu menarik. Ketika akhir pekan atau musim liburan, wisata ini selalu rame dikunjungi muda mudi, keluarga besar atau pecinta fotografi. Mengingat di tempat ini juga menyediakan berbagai spot favorit untuk swafoto atau menjajal kemampuan fotografi kalian.

Air Terjun Lorodan Semar
Lokasi : Desa Sumbersari, Kec. Kayen, Kab. Pati

Wisata Lorodan Semar ini memiliki keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika kalian yang berada di Pati tidak mengunjungi tempat wisata ini.

Lokasinya terletak di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Namun, bagi yang belum tau lokasinya bisa mencari di aplikasi Google Maps. Untuk tarif masuk ke Air terjun Lorodan Semar ini juga tergolong murah, cukup membayar tiket mask 3000 rupiah.

Air Terjun Tadah Hujan
Lokasi : Desa Sukolilo, Kec. Sukolilo, Kab. Pati

Air Terjun Tadah hujan ini salah satu tempat wisata di Pati yang berlokasi di kecamatan Sukililo. Tempatnya dikelilingi tebing di sebelah kanan dan kirinya sehingga menciptakan nuansa tenang, fresh dan romantis. Sehingga tak heran jika di lokasi ini banyak ditemui pasangan muda, karena mereka senang memilih air terjun ini sebagai tempat favoritnya. 

Selain itu di lokasi Air Terjun Tadah Hujan ini juga terdapat kolam renang yang jernih sehingga akan sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Goa Wareh
Lokasi : Desa Kedumulyo, Kec. Sukolilo, Kab. Pati

Kalau dari Pati kota, berjarak 23 KM kearah selatan. Luas area Goa Wareh kurang lebih 4,5 ha. Goa ini mempunyai lorong ke kiri sepanjang ±100 meter. Dari sana terdapat sebuah sungai bawah tanah kearah kanan sepanjang kurang lebih 50 meter. Konon katanya bila mandi atau cuci muka dengan air tersebut maka kita bisa awet muda dan cepat mendapatkan jodoh.

Waduk Seloromo
Lokasi : Desa Gembong, Kec. Gembong, Kab. Pati

Jarak waduk Gembong dengan kota Pati kurang lebih 10 km dari pusat kota. Waduk ini dibangun pada masa penjajahan Belanda (sekitar tahun 1930-1933), yang sampai saat ini masih bisa dinikmati, terutama untuk pengairan lahan yang ada di sekitarnya.

Pemandangan alam disini sangat menarik, kebanyakan wisatawan mengunjungi pada pagi hari, hanya sekedar menghirup udara yang masih sejuk serta tampak gunung Muria dengan sangat jelas apabila cuaca cerah.

Wisatawan yang mengunjungi sore hari dapat melihat pemandangan matahari terbenam di sebelah barat.

Waduk Gunung Rowo
Lokasi : Desa Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati

Waduk Gunung Rowo merupakan salah satu destinasi wisata buatan yang berada di lereng Gunung Muria. Tempat ini dibangun pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1928. Waduk ini mempunyai luas 320 hektar dengan daya tampung air sebanyak 5,5 meter kubik.

Pada awalnya, waduk Gunungrowo berfungsi untuk mengairi kurang lebih 10.000 hektar sawah di Kecamatan Margorejo, Wedarijakasa, Tlogowungu, dan Pati. Saat ini fungsi waduk tidak hanya sebagai pengairan saja, namun sebagai destinasi wisata masyarakat.

Melihat potensi alamnya indah, tempat ini kemudian menjadi destinasi wisata favorit warga Pati maupun luar daerah. Tak hanya itu, di sekeliling waduk juga banyak warung makan yang menyediakan berbagai kuliner dan tentunya penjual oleh-oleh.

Agrowisata Jolong
Lokasi : Dukuh Jolong, Desa Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati

Salah satu tempat wisata favorit di Pati adalah Agrowisata Jolong Pati.

Sejak dibuka, tempat wisata ini terdiri dari dua bagian, yaitu Agrosiwata Jolong Pati I dan Agrowisata Jolong Pati II. Keduanya lokasi ini berada tidak jauh satu sama lain.

Dengan udara yang sejuk dan segar, berbagai wahana bisa dinikmati antara lain wahana outbond, flying fox, rumah balon, kolam terapi ikan. Selain itu, Bukit Naga (areal perkebunan buah naga) dan Air Terjun Grenjengan menjadi destinasi favorit saat berkunjung ke Agrowisata Jollong.

Kebun Kopi Jolong
Lokasi : Dukuh Jolong, Desa Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati

Bagi kalian yang sebelumnya datang dan menikmati keindahan wisata alam di desa wisata Jolong, maka jangan lewatkan juga untuk mampir ke kebun kopi. Area perkebunan ini cukup luas dan merupakan bagian dari PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) di lereng Gunung Muria.

Di Pati, kebun kopi ini merupakan perkebunan yang paling besar dan menjadi penghasil kopi pokok daerah. Seperti area pegunungan lain, ia menjadi destinasi wisata yang menonjolkan pemandangan alam, udara yang sejuk, serta hutan yang asri.

Hutan Pinus Pangonan
Lokasi : Desa Gunungsari, Kec. Tlogowungu, Kab. Pati

Hutan Pinus Pangonan menjadi obyek wisata alam di Pati terbaru dengan suasana mendamaikan. Rasa jenuh dengan suasana dan hiruk pikuk perkotaan dengan sibuknya aktivitas didalamnya. Refresh dengan menikmati indahnya alam Indonesia yang rekomended untuk berakhir pekan bersama orang tercinta.

Kabupaten Pati dengan suhu udara panas menyuguhkan pesona destinasi wisata alam dengan udara segar dan pemandangan indah. Salah satunya Hutan Pinus Pangonan yang menyajikan destinasi terbaru untuk menemani perjalanan liburan anda. Banyak spot foto instagramable yang cocok untuk anda explore, nikmati perjalanan liburan seru di akhir pekan.

Desa Wisata Jrahi
Lokasi : Desa Jrahi, Kec. Gunungwungkal, KabPati

Desa Wisata Jrahi merupakan konsep penyatuan alam dan lingkungan serta budaya dibuktikan dengan kerukunan antar umat beragama ( islam, kristen, buddha dan aliran kepercayaan). Potensi yang dimiliki meliputi : Embung Buatan, Air Terjun Grenjengan Sewu, Pancur Songo, Wihara Shadagiri, Puncak Tanggulasi, Jurang Gonggo Mino dan Argowisata Aneka Buah, Atraksi Wisata, Kuliner, Cinderamata, Homestay dan Paket Wisata Edukasi

Pantai Idola Banyutowo
Lokasi : Desa Banyutowo, Kec. Dukuhseti, KabPati

Pantai ini berdekatan dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa merupakan salah satu wisata alam di Pati yang tidak boleh kalian lewatkan. Lokasi pantai ini juga berbatasan dengan Kabupaten Jepara.

Karena kondisi alamnya yang masih mendukung, Pantai Banyutowo sering dijadikan sebagi tempat untuk melakukan piknik keluarga. Jika kalian beruntung, kalian bisa melihat berbagai tradisi masyarakat yang melakukan ritual sedekah laut disana pada waktu tertentu.



Posting Komentar untuk "Tempat Tujuan Wisata Yang Harus Kamu Kunjungi di Kabupaten Pati Jawa Tengah, Ada Banyak Lho!!!"