Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KONDISI GEOGRAFIS KABUPATEN PATI PROVINSI JAWA TENGAH

 


I. BATAS WILAYAH KABUPATEN PATI

Kabupaten Pati merupakan salah satu dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya posisi Kabupaten Pati di bagian timur Provinsi Jawa Tengah. Secara astronomi Kabupaten Pati terletak antara 6°25’ - 7°00’ lintang selatan dan antara 100°50’ -111°15’ bujur timur.

  • Sebelah utara berbatasan dengan wilayah Kabupaten Jepara dan Laut Jawa
  • Sebelah barat berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara
  • Sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora
  • Sebelah timur berbatasan dengan wilayah Kabupaten Rembang dan Laut Jawa

 II.LUAS WILAYAH DAN PENGGUNAAN TANAH KABUPATEN PATI

Berdasarkan hasil EPT Tahun 2002, luas wilayah Kabupaten Pati adalah 146.875 Ha yang terdiri dari 59.270 Ha lahan sawah, 60.453 Ha lahan bukan sawah dan 30.755 Ha lahan bukan pertanian.

Secara lebih rinci dapat dilihat dalam tabel luas tanah menurut penggunaannya, tabel berikut dari Data Dinas Pertanian Kab. Pati Tahun 2016.

Sumber data Dinas Pertanian Kab. Pati


III. TOPOGRAFI DAN MORFOLOGI

Wilayah Kabupaten Pati terletak pada ketinggian antara 0 s/d 1.000 meter di atas permukaan air laut rata-rata dan terbagi atas relief daratan, yaitu:

  1. Lereng Gunung Muria, yang membentang sebelah barat bagian utara Laut Jawa dan meliputi Wilayah Kecamatan Gembong, Kecamatan Tlogowungu, Kecamatan Gunungwungkal, dan Kecamatan Cluwak.
  2. Dataran rendah membujur di tengah sampai utara Laut Jawa, meliputi sebagian Kecamatan Dukuhseti, Tayu, Margoyoso, Wedarijaksa, Juwana, Winong Gabus, Kayen bagian Utara, Sukolilo bagian Utara, dan Tambakromo bagian Utara.
  3. Pegunungan Kapur yang membujur di sebelah selatan meliputi sebagian kecil wilayah Sukolilo, Kayen, Tambakromo, Winong, dan Pucakwangi.

Dengan melihat peta topografi wilayah Kabupaten Pati, wilayah dengan ketinggian 0 s/d 100 mdpl merupakan wilayah yang terbesar yaitu meliputi wilayah seluas 100.769 Ha atau dapat dikatakan bahwa topografi wilayah Kabuaten Pati sebagian besar merupakan dataran rendah sehingga wilayah ini potensial untuk menjadi lahan pertanian.

Ketinggian Kecamatan Dalam Wilayah Kab. Pati


Posting Komentar untuk "KONDISI GEOGRAFIS KABUPATEN PATI PROVINSI JAWA TENGAH"